Wednesday, July 20, 2016

Kiat Meraih Kehidupan yang Lebih Sempurna

Dimuat di Koran Jakarta edisi 21 Juli 2016




Judul             : 10 Steps to A More Fulfilling Life
Penulis          : Dale Carnegie
Penerjemah   : Riana Irawati
Penerbit         : Change
Tebal             : 368 Halaman
ISBN             : 978-602-1139-91-2

      Buku 10 Steps to A More Fulfilling Life ini merupakan satu dari sepuluh karya  Dale Carnegie Success Series, penulis legendaris How to Win Friends and Influence People yang pertama kali diterbitkan pada 1936 dan masih bestseller hingga kini. Seperti judul, buku memuat 10 langkah meraih kehidupan  lebih sempurna. Ini  tergantung pada kualitas kesan terhadap orang lain. Maka, mengembangkan sebuah kepribadian yang menarik  sangat penting.
     Langkah pertama  meraih kehidupan  lebih sempurna dengan  mengembangkan citra diri yang baik. Di sini orang belajar mencintai diri, tidak berarti egois. Mencintai diri sendiri merupakan pondasi membangun hubungan dengan orang lain agar menumbuhkan  percaya, harga, dan pandangan positif terhadap diri sendiri. Seperti Alkitab “Cintailah sesamamu seperti dirimu sendiri,” (halaman 2). 
      Setelah itu langkah berikut  merancang dan meraih tujuan untuk meniti jalan panjang kesuksesan. Ini mulai dengan sebuah impian lalu mewujudkan. Jika  percaya orang akan berhasil meraihnya. Langkah ketiga memperlakukan orang lain dengan baik. Contoh, memuji dengan tulus, mengucapkan terima kasih, melihat potensi terhebat  seseorang atau tidak menghalangi kesempatan seseorang untuk maju (halaman 79).
     Kemampuan untuk terlibat dalam pembicaraan yang menarik, salah satu aset pribadi terhebat manusia. Maka dari itu, langkah berikutnya  menjadi pembicara yang baik. Ini adalah bantuan hebat untuk bisnis dan kesuksesan sosial. Dia juga akan menjadikan orang lain yang bersamanya merasa nyaman. 
    Ada sembilan kiat  menjadi pembicara yang baik: ramah, katakan dengan baik (nada suara, ekspresi, bahasa tubuh), benar-benar merasa tertarik pada orang lain, dan mengembangkan empati. Kemudian, tidak menyindir, buat orang lain tenang,  ingat nama-nama, dan belajarlah mengenai orang lain. Kiat terakhir mendengarkan dengan seksama. 
     Langkah selanjutnya  berbicara di muka umum dengan percaya diri dan meyakinkan. Pada langkah ini orang  harus tahu cara mempersiapkan dan membawakan obrolan. Ada tujuh prinsip yang dapat membantu. Mereka adalah tahu dan peduli dengan inti pembahasan. kemudian buat catatan singkat, jangan menulis semua yang ingin dibicarakan. Jangan mengingat pembicaraan kata demi kata. Perkaya pembicaraan dengan ilustrasi dan contoh. Jadilah ahli pada subjek itu dan  lakukan gladi resik dengan teman. 
     Langkah terakhir, menjalani hidup harmonis. Semua orang ingin hidup bahagia dan di tengah lingkungan damai. Namun dalam pekerjaan, rumah, maupun aspek lain  dari aktivitas,  konflik bisa saja timbul dan mengganggu keharmonisan. Banyak buku telah ditulis mengenai menciptakan dan mengelola keluarga  bahagia. Namun  buku ini hanya berfokus untuk mengelola keharmonisan di lingkungan tempat kerja. Meskipun demikian setiap saran dan pemecahan konflik pada langkah terakhir ini dapat diterapkan dalam keluarga, lingkungan  dan  kemasyarakatan. 
     Buku  tidak hanya memuat langkah-langkah  meraih kehidupan lebih sempurna, namun juga memberi contoh kasus sebagaimana dalam halaman 330, 331 dan 337. Ini membuat  teori-teorinya memiliki bukti konkret.  

Diresensi Tanti Endarwati, lulusan Stikes Surya Global Yogyakarta

k

No comments:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog Ini:
-Dilarang promosi iklan
-Dilarang menyisipkan link aktif pada komentar
-Dilarang komentar yang berbau pornografi, unsur sara, dan perjudian