Saturday, September 23, 2017

Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video




Beberapa waktu yang lalu saya mengedit video dengan Movie Maker mulai dari memotong video sampai menggabungkan video. Alangkah terkejutnya ketika saya menyimpan video tersebut ternyata ukuran video menjadi sangat besar. Yang sebelumnya merupakan video dengan ukuran kurang dari 150 MB tapi setelah saya potong dan saya gabungkan dengan video lain yang ukurannya masih kurang dari 150 MB ternyata ukuran video menjadi 900 MB lebih, lebih tepatnya 902.896 KB. Untuk satu video saja hampir 1 GB padahal masih ada banyak video, lumayan mengambil banyak space saya pikir. 

Untuk itu saya berusaha untuk memperkecil ukuran video tersebut dengan software Handbrake. Sobat bisa download software ini gratis, silakan saja disearch sendiri. Setelah software ini sobat instal di PC atau laptop maka tinggal buka saja aplikasinya.

Langkah-langkah untuk memperkecil video menggunakan software ini adalah:
1. Buka aplikasi Handbrake yang sudah sobat instal.
2. Lalu masukkan video yang mau sobat perkecil ukurannya. Caranya klik Source dan klik Open a single video file seperti gambar di bawah ini.


3. Lalu pilih mana file video sobat yang ingin diperkecil ukurannya. Di sini saya memilih video yang sudah saya beri nama My Video untuk saya perkecil ukurannya. Ukuran asli video ini adalah 902.896 KB/902 MB.


4. Setelah video yang sobat pilih masuk di Handbrake, sekarang saatnya mengatur agar video yang sobat perkecil tetap terjaga kualitas videonya. Silakan lihat gambar di bawah ini untuk tahu yang harus dirubah pengaturannya.  

 

5. Setelah selesai kita atur maka segera klik tombol star seperti gambar di bawah ini.
Maka proses memperkecil video akan berjalan. 


6. Sobat bisa lihat prosesnya sudah berjalan berapa persen pada bagian bawah seperti gambar di bawah ini.

 

Setelah proses selesai, sobat bisa buka folder di mana sobat tadi menyimpan file video yang sudah diperkecil lalu bandingkan ukurannya dengan video sebelumnya.

Video yang saya perkecil di atas ukurannya menjadi lebih kecil. Sebelumnya berukuran 902 MB dan setelah diperkecil ukurannya menjadi 438 MB saja, lumayan berkurang setengahnya. Namun saya juga pernah mengalami hal yang sebaliknya, video yang sebelumnya hanya 500an MB saja justru berubah menjadi 1.5GB. Perlu diingat bahwa software Handbrake ini sebenarnya bisa untuk memperkecil ukuran video atau pun sebaliknya memperbesar ukuran video. Sayangnya tidak ada pengaturan yang menentukan apakan kita mau memperkecil atau memperbesar ukuran video jadi kemungkinan yang muncul bisa video sobat ukurannya menjadi kecil tapi juga bisa malah menjadi lebih besar. Jadi bisa dibilang faktor keberuntungan juga, kalau sobat beruntung ukuran video bisa berubah menjadi jauh lebih kecil.


Selamat mencoba dan semoga beruntung.........^.^

m


No comments:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog Ini:
-Dilarang promosi iklan
-Dilarang menyisipkan link aktif pada komentar
-Dilarang komentar yang berbau pornografi, unsur sara, dan perjudian